OVER DOSIS

Posted by HIPGABI DKI Ibnu Hajar Jumat, 13 November 2009, under | 1 komentar
Kali ini saya akan menulis tentang overdosis yang berhubungan dengan narkoba ( napza )
Maraknya peredaran napza membuat generasi yang menggunakan menjadi terbuai dengan kesenangan semu dan ketergantungan yang nantinya akan berdampak buruk pada status kesehatannya seiring dengan perilaku hidup yang tidak sehat, sehingga memicu peningkatan angka HIV/ AIDS.

Kata overdosis sering kita dengar dikalangan masyarakat. Bahkan ketika banyak kasus para artis dan pejabat yang tertangkap karena narkoba ( napza ) yang disiarkan oleh stasiun televisi, kata – kata overdosis sudah tak asing lagi. Apalagi bila meninggal gara – gara narkoba pasti selalu dikaitkan dengan kata overdosis.

Sedangkan dalam dunia medis tidak pernah menyebut istilah overdosis sehingga kata tersebut sering dikategorikan sebagai istilah awam. Medis menyebutnya intoksikasi atau keracunan yang pengertiannya adalah masuknya zat atau senyawa kimia dalam tubuh manusia yang menimbulkan efek merugikan pada yang menggunakannya.

Karena hanya beda istilah tetapi mempunyai pengertian yang hampir mirip, maka dalam penulisan postingan kali ini saya padukan saja kata overdosis / intoksikasi agar tidak membingungkan dan menjadi tidak bermakna.

Penyebab overdosis / intoksikasi bermacam – macam, yaitu pemakaian yang berlebihan setelah berhenti menggunakan narkoba karena dipenjara, dirawat detoksifikasi, rehabilitasi, bisa juga karena pemakaian napza dicampur dengan jenis napza yang lain dan masih banyak lagi. Bahkan ada yang over dosis karena tidak merasakan efek dari napza yang digunakan, sehingga karena tidak merasakan efek yang diharapkan penggunanya menambah takaran dosisnya bahkan sampai dosis lethal ( berbahaya menyebakan kematian ). Untuk yang tidak merasakan efek dari napza tersebut bisa dikarenakan pengguna tersebut masih menggunakan obat yang tujuannya untuk memblokir efek dari napza tersebut. Dan memang untuk menggunakan obat tersebut biasanya para ahli selalu memberi penjelasan tentang kesungguhan pasien untuk mengikuti metode tersebut. Karena kalau tidak sungguh – sungguh maka akibatnya adalah overdosis / intoksikasi.

Penangan overdosis / intoksikasi kurang berhasil karena pertolongan yang terlambat dan bahkan yang mengantarnyapun teman sesama pemakai yang mungkin habis menggunakan napza bersama – sama. Sehingga karena dalam keadaan mabuk sulit untuk membantu temannya yang overdosis / intoksikasi.

Pada prinsipnya semua pertolongan pertama pada kegawatdaruratan adalah airway,breathing support and circulation. Semua jenis kematian akibat kegawatdaruratan karena ABC yang kurang berhasil.

Untuk kegawat daruratan tunggu pada postingan selanjutnya…OKeeeehhhh


One Response to "OVER DOSIS"

  1. earn money Says:

    wah kalo yg gini gak ikutan ah

terima kasih atas komentarnya, mohon maaf bila belum membalas komentarnya