NAPZA

Posted by HIPGABI DKI Ibnu Hajar Rabu, 01 Juli 2009, under | 0 komentar

Napza suatu singakatan dari narkotik,psikotropika dan zat adiktif.

Napza adalah bahan / zat yang bila masuk kedalam tubuh akan mempengaruhi tubuh, terutama susunan syaraf pusat / otak. sehingga menyebabkan gangguan fisik,psikis fungsi sosial.

Narkotika adalah zat / obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Jenis - jenis napza yang ada di masyarakat :
1. Opioda
dibagi dalam 3 golongan besar :
a. opioda alamiah : morfin, opium, codein
b. opioda semi sintetik : heroin/putaw, hidromorfin
c. opioda sintetik : meperidin, propoksipen, metadon

opioda berasal dari getah opium poppy yang diolah menjadi morfin kemudian dengan proses tertentu menghasilkan putaw. dimana putaw mempunyai kekuatan 10 x melebihi morfin sedangkan opioda sintetik mempunyai kekuatan 400 x lebih kuat dari morfin.
nama jalanan opioda ; PUTAW, PTW, BLACK HEROIN, BROWN SUGAR.
2. kokain
kokain mempunyai 2 buah bentuk : kokain hydroklorid dan free base.
hydroklorid berbentuk kristal putih, rasa sedikit pahit dan lebih mudah larut dari pada free base, sedangkan free base tidak berwarna / putih, tidak berbau dan rasanya pahit.
Nama Jalanan Kokain : KOKA, COKE, HAPPY DUST, CHARLIE, SREPET, SNOW/ SALJU, PUTIH, biasanya dalam bentuk bubuk putih.
3. Kanabis
NAma jalanan : grass, cimeng, ganja, gelek, hasish, marijuana, bhang. berasal dari tanaman kanabis sativa dan kanabis indica yang mengandung 3 zat utama yaitu : tetrahidrokanabinol, kanabinol dan kanabidiol.
4. Amfetamin
NAma generik D- pseudo epinefrin yang disintesa tahun 1887 dan dipasarkan tahun 1932 sebagai dekongestan. nama jalanan : speed, meth, crystal, uppers, whizz dan sulphate. berbentuk berupa bubuk warana putih dan ke abu - abuan.
jenis amfetamin :
a. MDMA ( metylene dioxy methamphetamin ) mulai dikenal sekitar tahun 1980 dengan nama ectacy atau ekstasi. NAma lain : XTC, FANTACY PILS, INEX, CECE, CEIN, E. Saat ini ekstasi tidak selalu berisi MDMA karena merupakan designer drugs dicampur zat lain untuk mendapatkan efek yang diharapkan yang dikenal dengan istilah : WHITE DOFT, PINK HEART, SNOW WHITE, PETIR yang dikemas dalam bentuk pil atau kapsul.
b. Methamfetamin, lama kerja lebih lama dari pada MDMA dan efek halusinasinya kuat dengan nama lain : SHABU - SHABU, SS, ICE, CRYSTAL, CRANK.
5. LSD ( Lysergic acid )
Termasuk dalam golongan halusinogen dengan nama jalanan : ACID, TRIPS, TABS. bentuknya seperti kertas berukuran kotak kecil sebesar seperempat perangko dalam banyak warna dan gambar, berbetuk pil dan kapsul.
6. Sedatif- hipnotik ( Benzodiazepin )
masuk dalam golongan zat sedatif ( obat penenang ) dan hipnotik ( obat tidur ) berdasrkan struktur kimianya. Nama jalanan : BK, DUM, LEXO, MG, ROHYP. Dibidang medis biasanya digunakan untuk pengobatan kecemasan ( ansietas ),panik serta hipnotik ( oBat tidur ).
7. Solvent ? Inhalansia
adalah bahan mudah menguap ayang dihirup, contoh : aerosol, aica aibon, isi korek api gas, cairan untuk dry cleaning, tinner dan uap bensin. biasanya digunakan oleh anak dibawah umur anak jalanan / kurang mampu.
8 Alkohol
diperoleh dari proses fermentasi madu, gula, sari buah atau umbi - umbian. dari hasil fermentasi didapatkan alkohol sebesar 15 % tetapi dengan proses penyulingan bisa didapatkan kadar yang lebih tinggi bahkan mencapai 100%. Nama jalanan : BOOZE, DRINK.

One Response to "NAPZA"

terima kasih atas komentarnya, mohon maaf bila belum membalas komentarnya