MENGAPA HARGA OBAT MAHAL ??

Posted by HIPGABI DKI Ibnu Hajar Jumat, 22 Januari 2010, under | 10 komentar
Obat adalah penawar dari suatu penyakit atau dari suatu keluhan yang dirasa tidak mengenakan. Berbagai cara ditempuh agar orang sembuh dari penyakitnya. Berbagai media dan obat – obat yang disarankan diminum demi kesembuhan.

Lalu bagaimana bila obat yang harus diminum banyak dan harganya mahal??

Mungkin untuk sebagian orang yang mempunyai uang berlimpah dengan pundi – pundi deposito dimana – mana, tidak ada masalah. Tapi bagaimana dengan orang yang kurang beruntung yang untuk makan saja susah, apalagi untuk membeli obat?? Saya rasa sangat berat sekali…….setuju ga bro !!

Pertanyaannya adalah……Kenapa obat harganya mahal??

Kini saatnya masyarakat awam harus tahu dan mengerti mengapa harga obat melambung tinggi, apalagi obat paten!. Berikut beberapa alasan mengapa harga obat menjadi mahal, antara lain :

Uji coba obat, sebelum obat dipasarkan harus diuji coba dengan para relawan. Dimana para relawan ini mendapatkan honor yang tidak sedikit. Namun dengan adanya para relawan ini sebenarnya ikut membantu penelitian tentang obat yang dibutuhkan diindonesia sesuai dengan perkembangan penyakit dan resistensi penyakit terhadap obat – obat yang dikonsumsi manusia. Jadi ….berterima kasihlah dengan para relawan. Dengan alasan obat import yang terlalu tinggi harganya sehingga perusahaan farmasi yang ada di Indonesia mencoba membuatnya dengan upaya agar harganya dibawah harga impor. Jadi obat bermerk buatan perusahaan Indonesia harganya masih dibawah harga obat bermerk impor ( kira – kira……begitu…..kali!!! )

Membeli hak paten/ obat bermerk, biasanya perusahaan farmasi akan membeli hak paten dengan produksi jadinya adalah obat bermerk agar nama obat yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut tidak digunakan oleh perusahaan lain, kecuali obat generik.

Pemasaran, sebuah produk akan tinggi angka penjualannya bila ditunjang dengan pemasaran yang tepat mengenai sasaran. Dalam pemasaran ini dibuatlah sebuah iklan yang disosialisasikan diberbagai media baik cetak maupun elektronik. Bila iklan tersebut berdurasi yang lama dan diiklankan secara terus – menerus tentunya memakan biaya yang tidak sedikit.

Kerjasama, para detailer atau sales dari suatu perusahaan akan mengadakan kerjasama dengan para dokter, ruangan perawatan, perawat,dll. Agar produknya digunakan ditempat dimana para petugas medis tersebut bertugas yang nantinya akan mendapat presentasi dari hasil penjualan produk tersebut. Tapi hal ini saya rasa wajar – wajar saja karena setiap orang yang memasarkan produk pasti ingin mendapatkan keuntungan. Apalagi dizaman sekarang segala sesuatu kebutuhan hidup yang semakin tinggi.

Sponsor, berbagai perusahan farmasi menjadi sponsor dari berbagai kegiatan seminar, pelatihan, workshop dan kegiatan ilmiah lainnya baik untuk dokter maupun perawat. Ini adalah sebagai wujud kerjasama karena telah memakai produk mereka.

Jadi dapat disimpulkan bahwa obat harganya melambung tinggi disebabkan oleh faktor - faktor diatas. Setuju tidak setuju, suka tidak suka begitulah adanya. Tapi demi kesembuhan apalah arti dari sebuah materi. Tapi yang terpenting adalah mencegah lebih baik dari pada mengobati, Karena nikmat sehat akan lebih terasa bila kita jatuh sakit. Enggak percaya…..??!! coba nanti bila anda sakit coba rasakan dan apa yang anda pikirkan. Pasti jawabannya “ coba kemarin saya enggak makan sembarangan, pasti sekarang saya enggak akan mencret. Kalau sehat saya pasti sudah berkumpul dengan teman”. Itu adalah gambaran dari nikmat sehat yang dirasakan ketika sakit.


Wasssalam

penulis

One Response to "MENGAPA HARGA OBAT MAHAL ??"

  1. yahya Says:

    nice info..
    mau sehat aja kok repot..
    betul gak??

  1. petunjuk tujuh Says:

    nambah lagi ilmuku ...
    mksih kak ....
    nice info .....

  1. UNIC66 Says:

    sangat pantas....

  1. waroengdollar Says:

    kalau tentang obat generik, bagaimana bos?

  1. multyone Says:

    thanks for sharing

  1. kuspratiknyo Says:

    Menyikapi mahalnya harga obat, tips nya bagi yg sedang sakit gunakan obat yg generik saja (datang ke puskesmas), karena banyak org yg berobat dengan harga murah nyatannya byk yg bs sembuh, keyakinan itu 90% dari pengobatan, kalau Anda yakin dengan obat generik Insya Allah kita akan sehat. Permasalahannya byk dari warga Indonesia yg gengsi dengan obat generik shg tdk yakin dan hasilnya biaya berobat jadi mahal, belum lagi nebus resepnya bayar jasa dokternya saja sdh mahal, apalagi kalau yg sakit sedikit-sedikit harus ke dokter spesialis. tks

  1. nursenapza Says:

    tq to mas kuspratikno, memang mas banyak masyarakat yg gengsi dg obat generik. padahal obat paten isinya yah obat generik. mungkin banyak masyarakat yg belum mengerti dan tahu apa itu obat generik. untuk obat generik sekarang bukan hanya dipuskesmas saja,tp dirumah sakit pun sudah ada. apalagi sudah ada instruksi dari menkes agar dokter meresepkan obat generik,kecuali permintaan pasien karena punya uang lebih.

  1. nursenapza Says:

    To:waroeng dollar: dah dijawab tuh sama mas supratikno, thanks dah kasih komen

  1. nursenapza Says:

    info lagi nih : saya belum lama bertemu dengan 2 orang dokter yang gak mau ditulis namanya. beliau ini tidak mau bertemu dengan detailer/ sales obat. karena mereka beralasan bertemu dengan sales obat adalah salahsatu penyebab obat mahal,lalu ada keluarga kita yang sakit berarti sama saja saya yang yang memperburuk keluarga saya,"ujar dokter tersebut"
    okeeehh salam 4 jempol untuk dokter semoga perjuangan dokter disambut yang lainnya.

  1. nursingbegin Says:

    Betul...lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jika terlanjur sakit, beli aja obat generik, khasiatnya tidak kalah dengan obat bermerk.

terima kasih atas komentarnya, mohon maaf bila belum membalas komentarnya