APA ITU METADON

Posted by HIPGABI DKI Ibnu Hajar Kamis, 03 Desember 2009, under | 0 komentar
Pada postingan terdahulu saya sering menulis tentang napza dan hal – hal yang berkaitan erat dengannya. Dari komplikasinya sampai undang – undang terbaru,yaitu UU No. 35 Tahun 2009.

Belakangan kita sering mendengar kata rumatan metadon dan kini metadon dapat ditemui di layanan kesehatan terdekat,yaitu puskesmas. Namun baru beberapa puskesmas di Jakarta saja,itupun sebagai satelit dari RSKO sebagai pengampuhnya serta di Denpasar di RS.sanglah dan di Bandung di RS. Hasan Sadikin. Bahkan rencananya Lapas dan Rutan yang berada di Jakarta juga akan mengadakan layanan tersebut secara gratis.

Apa itu metadon ??……..
Metadon adalah merupakan narkotik sintetik yang bekerja long acting ( daya kerja bisa mencapai 22 – 24 jam ). Metadon sendiri sudah digunakan di amerika pada tahun 1960 an dan di Indonesia di uji cobakan sejak tahun 2003. Mengapa di Indonesia menggunakan metadon?? . berdasarkan survei ternyata ditemukan data bahwa adanya peningkatan angka HIV/AIDS pada orang – orang yang menggunakan napza melalui suntik ( IDU=Injecting Drugs User). Tujuan atau goal dari rumatan metadon ini adalah untuk merubah perilaku si pecandu dari berbagai aspek kehidupan.

Berdasarkan penelitian program metadon ini ternyata setelah dijalani sesuai dengan prosedur akan menurunkan angka kriminalitas dan menurunkan angka HIV/AIDS. Nah…..kita baru saja memperingati hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember beberapa hari yang lalu.

Tentang tata cara pengadaan dan pengaturan pemakaiannya telah diatur dalam UU Narkotika No.35 Tahun 2009 dan telah disah kan oleh pemerintah pada tanggal 19 November 2009. Untuk mengetahui tentang UU tersebut bisa dilihat pada postingan terdahulu atau klik disini

Bagi sobat blogger atau yang lainnya bila ingin lebih jelas mengenai metadon dan bagaimana cara mengaksesnya bisa menghubungi puskesmas atau rumah sakit yang saya sebutkan diatas..

Demikian semoga bermanfaat.!! Dan Indonesia bisa menekan angka HIV/AIDS.!

Wassalam……

One Response to "APA ITU METADON"

terima kasih atas komentarnya, mohon maaf bila belum membalas komentarnya