JANGAN ANGGAP REMEH BILA DIGIGIT ANJING

Posted by HIPGABI DKI Ibnu Hajar Selasa, 09 Februari 2010, under | 19 komentar
Digigit anjing sering terjadi namun dianggap hal biasa dan lumrah dimasyarakat. Terutama didaerah dimana hampir semua warga memelihara hewan ini. Sewaktu saya kecil, ayah saya pun pernah digigit anjing dan segera kepraktek dokter setempat untuk mendapat pertolongan segera, namun kala itu tidak ada penjelasan mengenai hal – hal yang berhubungan dengan digigit anjing.


Kini saya bertemu dengan salah satu dokter yang menjelaskan bahwa jangan anggap remeh bila digigit anjing. Namun sayang dokter tersebut tidak mau disebutkan identitasnya didalam postingan kali ini. Menurut beliau bila ada orang yang digigit anjing ada tindakan yang harus dilakukan, al :
• Cuci segera luka dengan sabun cuci dengan air mengalir. Bila perlu keluarkan darah pada tempat atau daerah yang digigit.
• Segeralah berobat kedokter dan mintalah petunjuk selanjutnya.
• Bila berobat kedokter harus bersama orang yang memiliki anjing yang menggigit tersebut. Dengan tujuan agar si pemilik mendapat penjelasan dari dokter apa yang harus dilakukan terhadap hewan peliharaannya.
• Observasi anjing tersebut, adakah perubahan perilaku; seperti suka di tempat gelap, ketakutan atau bila anjing tersebut mati dalam waktu kurang lebih 2 minggu. Maka si pasien yang mendapat gigitan anjing harus segera mendapat obat anti rabies.

Masih dijelaskan oleh dokter tersebut bahwa kejadian manusia digigit anjing sering terjadi di Bali dan sudah banyak yang meninggal. Untuk anda yang ingin tahu tentang pengalaman tentang anak – anak yang digigit anjing bisa di klik disini. Teman saya dari Lampung pun pernah bercerita kepada saya bahwa ada satu keluarga meninggal akibat digigit anjing. Beliau menceritakan bahwa sebelum meninggal tetangganya tersebut sering melolong layaknya anjing. Namun karena pada saat itu masyarakat belum banyak yang mengerti tentang penyakit anjing gila / rabies, sehingga nyawa satu keluarga tersebut tidak tertolong.

Ada beberapa saran yang saya anjurkan untuk sobat yang memelihara anjing atau hidup berdekatan dengan tetangga yang memelihara anjing, al :
• Konsulkan hewan peliharaan dengan dokter hewan setempat secara berkala dan teratur ( saran saya jangan orangnya karena ini dokter hewan bukan dokter manusia…hahhahhha….hahhahah…guyon sedikit mas….dari tadi serius melulu , okelah kalau begitu!)
• Mintalah vaksin hewan peliharaan kepada dokter hewan setempat secara berkala dan teratur.
• Berilah tempat tersendiri hewan kesayangan anda dan jauhkan dari anak – anak. Kalau bisa jangan jadi satu dalam tempat tinggal.
• Bersihkan kandang dan hewan secara teratur.
• Lebih baik tidak usah punya hewan peliharaan karena butuh perawatan dan biaya yang tidak sedikit ( ini hanya untuk sobat yang uangnya sedikit, tapi kalau yang punya uang lebih apapun bisa, okelah kalau begitu !!)
Demikian, semoga bermanfaat dan tidak ada korban lagi. Okeeeelah kalau beg…..beg….beg….begitu !!!

One Response to "JANGAN ANGGAP REMEH BILA DIGIGIT ANJING"

  1. tentangku Says:

    gigit anjing,...untungnya saya belum pernah, jangan sampe deh sy kena gigit anjing. btw tuker link donk mas.

  1. pakde sulas Says:

    digigit anjing? ogah ahhh..
    jangankan digigit, dekat sama anjing saja sudah mau pingsan, kenapa samai phobia begitu?, karena sewaktu kecil saya suka ambil mangga tetangga sehingga dikejar anjingnya yang sanagat besar, sampai sekarang kalau lihat anjing ,lewat sudah ketakutan

  1. nursenapza Says:

    @tentangku : link dah terpasang di cek di link sobat. okeeehhh...

    @Pakde sulas : tapi masih takut ga pakde buat ambil mangga tetangga lagi !!??

  1. triksitus Says:

    wah ... jangan deh jangan sampai digigit. Dikejar aja udah deg2gan... hehehe

  1. Andri Says:

    berkunjung bro...smoga sukses dengan gigitan anjing'nya

  1. nursenapza Says:

    @trisiktus : waduh saya jadi bingung nih dikejar anjing deg - deggan kaya dikejar cewe aja...

    @tantho : kalo ini info bagus lain kali datang lagi yah...TQ

    @andri : ndri digigit anjing bukan anugerah loH!!!

  1. KUMAGCOW Says:

    JUST MADE A VIDEO OFF MY PHOTOSHOOT! PLEASE DROP BY! THANKS! http://www.kumagcow.com :)

  1. Penyo Says:

    hmm.. untung lom pernah kegigit Anjing.. he.he..
    mudah2an aja ga bakal kena gigit deh sob...

    oh iya, thanks link nya ya..
    dah saya link balik di page link exchange.
    salam kenal dan sukses selalu..

  1. Anton Says:

    Salam sukses sejawat,info yang bagus neh,ternyata susah juga punya peliharaan kalau tidak di rawat.

  1. nursenapza Says:

    @penyo : thanks dah berkunjung, komentarnya dan tuker link nya.sukse juga untukmu sobat.

    @Anton : salam sejawat juga, tuker link yuk ??

  1. raksa Says:

    Salam kenal Sob

  1. Darin Says:

    kunjungan perdana :)
    saya punya pengalaman, teman saya di bagian pengukuran jg prnah mengalami hal yang sama. alhamdulilah sekarang dah baikan.
    Nice tips.
    Salam kenal.

  1. Emmy Says:

    It's nice info !

  1. Bisnis Fantastis Says:

    Memang sih miris kalau saya lagi jalan ketemu anjing pikiran takut di gigit aja! please deh...jangan sampek yaw thanks 4 infonya

  1. Fenomena Alam Says:

    wah jangan sampe deh...thanks infonya..

  1. netmild Says:

    wah serem juga ya gue paling benci ama anjing gan serem bener

  1. Butik Bella Says:

    Phobia banget ama anjing... semasa kecil dulu pernah dikejar-kejar anjing.. hiii.. serem banget binatang satu itu.

  1. parfumartscent Says:

    emang seharusnya langsung diobati, biar gak kena penyakit

terima kasih atas komentarnya, mohon maaf bila belum membalas komentarnya