OTAK & NAPZA

Posted by HIPGABI DKI Ibnu Hajar Senin, 29 Juni 2009, under | 1 komentar

OTAK manusia adalah organ yang paling rumit dalam tubuh, beratnya satu setengah kilo gram. Otak mengatur fungsi dasar tubuh anda yang memungkinkan anda untuk menginterpretasikan dan memberikan respon terhadap seluruh pengalaman andaserta membentuk p[ikiran , emosi, dan perilaku anda.
NApza dapat mengubah area penting diotak yang diperlukan untuk mempertahakan hidup serta dapat mengedalikan penyalahgunaan napza secara kompulsif yang merupakan tanda terjadinya adiksi.

Area otak yang dipengaruhi oleh penyalahgunaan napza adalah :
1. Batang otak, fungsinya untuk mengontrol denyut jantung, bernafas dan tidur.
2. Sistem limbik, berisi sirkuit reward otak. sistem limbik mempengaruhi persepsi kita terhadap emosi, baik positif maupun negatif.
Korteks serebral, dibagio menjadi beberapa area.korteks frontal ( otak depan ) merupakan pusat pikir.
napza umumnya adalah zat kimia yang bekerja diotak dengan berhubungan ke sistem komunikasi otak dan mempengaruhi sel syaraf dalam mengirim, menerima, dan memproses informasi.
Ganja, heroin dapat mengaktifkan neuron karena struktur zat kimianya menyerupai neurotransmiter alami. Kemiripian struktur ini menecoh reseptor sehingga memungkinkan zat tersebut terikat dan mengaktivasi sel - sel syaraf. Meski zat ini menyerupai zat kimia otak,zat ini tidak mengaktivaSI SEL -SEL SYARAF DENGAN cara yang sama dengan neurotransmiter alami, dan mengakibatkan pesan -pesan abnormal ditransmisikan melalui jalur tersebut.
Amfetamin dan kokain dapat menyebabkan sel -sel syaraf melepaskan sejumlah besar neurotransmiter alami secara abnormal atau menghambat daur ulang normal zat kimia otak yang dibutuhkan untuk menghentikan sinyal antar neuron sehingga pesan yang ditimbulkan menjadi lebih kuat yang pada akhirnya menimbulkan gangguan pada saluran komunikasi.
Semua NApza yang disalahgunakan menargetkan sistem reward otak secara langsung atau tidak langsung dengan cara "membanjiri" sirkuit dengan dopamin.
Dopamin adalah suatuneurotransmiter yang ada dalam daerah otak yang mengatur pergerakan, emosi, kognisi, motivasi dan perasaan senang. stimulasi berlebihan karena penggunaan napzamenghasilkan efek euforia yang dicari oleh para pengguna napza sehingga mendorong untuk mengulanginya lagi.
Seseorang yang mnederita adiksi sering kali memiliki beberapa masalah kesehatan berupa: penyakit paru, kardiovaskuler, stroke, kanker dan gangguan mental.
Penyalahgunaan napza dan gangguan mental sering kali terjadi bersamaan. Pada beberapa kasus, gangguan mental sudah ada sebelum terjadi adiksi. Pada ksus lainnya penyalahgunaan napza dapat mencetuskan atau memperparah gangguan mental khususnya pada individu yang rentan.
Adiksi dapat menyebabkan :
1. Penyakit kardiovaskuler
2. Stroke
3. Kanker
4. HIV / AIDS
5. Hepatitis B dan C
6. Penyakit paru
7. Gangguan Mental
=====Schering Plough======

One Response to "OTAK & NAPZA"

  1. Anonim
    Says:

    makasih, berguna banget buat tugas

terima kasih atas komentarnya, mohon maaf bila belum membalas komentarnya